My Diary.
to Share my Life Events

Bukit Unik yang Sulit Ditaklukan


          
















Bukit Unta atau lebih dikenal Batu Daya merupakan bukit yang ektrim bagi para pendaki, sebab bukit ini sulit ditaklukkan oleh seorang pendaki. Bukit terletak di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Disebut bukit Unta sebab terlihat seperti pundak unta, disebut juga Batu Daya karena sering memperdaya pandangan.



 Bukit Daya terkenal terjal dan berbatu sehingga seorang anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia yang saat itu melakukan ekspedisi pemanjatan tebing meninggal karena jatuh dari bukit ini. Di kalangan pemanjat tebing (rock climber) Bukit Daya sudah begitu terkenal karena memiliki jalur tebing yang menantang.

        Selain itu bukit ini menjadi daya tarik tersendiri sebab banyak wisata yang bisa dilakukan di Bukit Batu Daya, antara lain penelitian, mendaki bukit, mandi, dan berenang di sungai kecil dengan air yang sangat bersih serta menikmati view dengan pemandangan yang indah. Dan jika anda berkunjung ke daerah ini anda akan mendapatkan kepuasan karena bukit Unta beda dari gunung-gunung di berbagai negara. Meski menarik, tempat wisata tersebut belum tersedia fasilitas penunjang seperti hotel, penginapan, dan transportasi belum begitu lancar ke lokasi. Semoga melalui program pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang akan merealisasikan jalan trans Kalimantan yang diharapkan akan menjadi penarik minat para wisatawan dan pemanjat tebing untuk datang ke Bukit Batu Daya karena tidak mengalami masalah transportasi menuju Bukit Daya atau Bukit Unta.
christianmaryo christianmaryo Author

Popular Posts

recent posts