My Diary.
to Share my Life Events

Project : Sistem Auto-Lock Braking Mobil Pada Perangkat Arduino


Akhir - akhir ini perkuliahan di kampus sedang dalam masa padatnya akan tugas dan beberapa project dari beberapa matakuliah. Salah satu project yang saya dan teman saya kerjakan yaitu pembuatan Sistem Auto-Lock Braking Mobil Pada Perangkat Arduino. Dalam pengerjaannya saya dan bersama kelompok saya mengalami beberapa masalah, namun project yang kami kerjakan ini cukup menarik untuk saya sampaikan kepada teman - teman netizen agar kedepannya dapat menjadi refrensi atau perbaikan untuk project selanjutnya. Berikut rincian - rincian project yang saya dan teman saya kerjakan.


1. Peralatan Hardware
a. Arduino Uno R3
Sebuah mikrokontroler yang berbasis chip ATmega328P yang berfungsi sebagai sirkut dimana otak dari sistem Anti-Lock Braking System.















b. Breadboard
Project Board atau yang lebih dikenal dengan nama Bread Board adalah sebuah papan yang berfungsi sebagai sebuah kontruksi dari suatu rangkaian eletronika. Kelompok kami menggunakan Bread Board sebagai papan kontruksi dikarenakan papan ini solderless atau dengan kata lain tidak memerlukan solder dalam pemasangannya, sangat cocok untuk percobaan – percobaan karena mudah dilepas pasang. 

c. Battery 9V
Baterai berukuran 9 V yang difungsikan sebagai penambahan daya pada arduino. Sehingga jumlah Volt yang diterima oleh motor mencapai 9 V.

d. Sensor Jarak (Ultrasonic Hc-sr04)
Sebuah sensor yang memanfaatkan pancaran gelombang ultrasonic. Sensor ultrasonic ini terdiri dari rangkaian pemancar ultrasonic yang disebut transmitter dan rangkaian penerima ultrasonic disebut receiver.  Jarak actual yang dikaibatkan dari pemacar dan peneriama ini di konversi menjadi jarak dalam centimeter (cm) sehingga dapat mengetahui batasan mobil berhenti sebelum mengenai halangan. Menurut teori, sensor  ini dapat mengukur jarak antara 2 cm sampai 300 cm.


Sumber : http://www.gunturwicaksono.com/2012/08/sensor-ultrasonic-ping-parallax.html

e. Arduino IR Remote
Sebuah perangkat kendali jarak jauh yang menggunakan prinsip kerja inframerah dengan memancarkan nilai frekuensi sebagai jalur komunikasi antara remote dan peneriama (reciever).

f. Mofset
Sebuah alat yang berfungsi sebagai penganti saklar dan dapat diperuntukan untuk menangani sebuah motor pengerak dengan arus yang cukup besar (Lebih dari 1 Ampere) dan tegangan kerja yang juga cukup besar.

g. Motor Penggerak
Terdapat 2 buah motor pengerak yang berasal dari sistem getar yang ada di Joystick. Kedua buah motor tersebut berfungsi sebagai penggerak dari 2 buah roda yang terpasang di belakang prototype mobil.

2 Perangkat Lunak (Software)
IDE Arduino merupakan aplikasi desktop yang berfungsi sebagai pengendali mikro single-board yang bersifat open-source (gratis), diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Kelompok kami menggunakan IDE Arduino sebagai software dalam merancang program pada hardware Arduino UNO R3 karena IDE Arduino punya banyak tutorial di internet, bahasa pemograman yang cukup sederhana, serta bahasa pemogramaan yang sudah tidak asing bagi kelompok kami.

3. Rangkaian Mobil


a. Bagian Depan
    Pada Bagian depan terpasang sensor Ultrasonic HC-SR04 yang berhubung langsung dengan breadboard dibagian  kanan mobil dengan menggunakan kabel male to female sebagai perantara. Sensor ini sebagai pendektesi halangan yang ada di depan mobil sehingga mobil secara otomatis dapat berhenti ketika menemui halangan yang tinggal berjarak 10 cm.

b. Bagian Kiri
    Pada bagian kiri terdapat micro controller berjenis Arduino Deumilanove namun dengan keadaan dipasang IC dari Arduino UNO R3. Arduino ini menjadi otak dari sistem yang di buat.
c) Bagian Kanan
Pada bagian kanan terdapat Breadboard berukuran mini yang terhubung dengan Arduino yang ada di sisi sebaliknya. Di dalam rangkaian Breadboard terdapat Mosfet dan IR Reciever. Mosfet sebagai saklar yang akan menangani tegangan sebesar 9 V dari Batteray. IR Reciever berfungsi sebagai penerima frekuensi dari remote. Jika IR Receiver menerima sinyal tertentu maka roda akan mulai berputar atau akan berhenti.


d. Bagian Belakang
    Pada bagian belakang terlihat Power Bank berukuran kecil sebagai body dari mobil,. Power Bank ini juga berfungsi sebagai daya premier pada arduino. Terlihat port USB dan Port Charge 2.0 sebagai keluaran dan pemasukan daya. Di atas power bank juga terdapat battery berukuran 9 V sebagai tenaga sekunder (tenaga tambahan) untuk mengaliri ke Breadboard.


Untuk demo perakitan dan cara kerja bisa di lihat pada video di bawah ini :
video :  Cah IKOM (YouTube)

christianmaryo christianmaryo Author

1 komentar:

Popular Posts

recent posts