My Diary.
to Share my Life Events

PES 2017 Mobile, Pro Evolution Soccer Kini Dalam Gengaman!

Pada pertengahan bulan Mei 2017 lalu, Konami secara resmi meluncurkan salah satu game andalan mereka yaitu Pro Evolution Soccer untuk perangkat iOS dan Android. Bukan hal pertama kehadiran Pro Evolution Soccer di dunia mobile, jauh kebelakang Konami sebelumnya sudah meluncurkan PES Club Manager. PES Mobile menawarkan gameplay dengan grafik yang menyerupai versi console. 

Perbandingan Dengan Game Console. 
PES Mobile dan PES versi Console tidaklah sama persis, namun ada beberapa hal yang terdapat pada PES versi Console yang juga terdapat pada PES versi Mobile. Soundtrack dan pengisi suara komentator bahkan mirip, terdapat juga motion pemain yang hampir dibuat sama pada PES Mobile. Kemiripan wajah menurut saya juga sangat baik untuk  game sepakbola mobile. Bahkan jika dibandigkan dengan Game Winning Eleven/ PES pada console PS 2, PES Mobile bisa lebih realistis.



Perbandingan Dengan Game Serupa.
Sebelum PES Mobile, sebelumnya sudah dikenal Real Football, FIFA Mobile, dan Dream League sebagai game sepakbola yang populer di dunia mobile. Yang menarik jika anda sebelumnya pengemar Dream League, PES Mobile memiliki hal yang tidak jauh berbeda. Kita sebagai pemain diharuskan membangun sebuah tim, dengan mengumpulkan dan mengembangkan pemain. Terdapat juga mode multiplayer mode offline (local), dan multiplayer mode online. Namun khusus pada PES 2017 terdapat Advance Control yang tidak ditemui pada game sepakbola lainnya. 

Hal Yang Harus Diperbaiki.
Sama seperti rivalnya FIFA Mobile, PES Mobile juga memiliki size penggunaan memori yang cukup besar. Bagi sebagian pengguna smartphone dengan spesifikasi menengah keatas ini bukanlah menjadi masalah yang berarti, Namun dengan pengguna smartphone dengan memori kurang dari 16 GB akan sedikit keberatan untuk menginstall game yang satu ini. Dan hal yang sama seperti yang menyangkut spesifikasi smartphone juga jadi pertimbangan bagi para pengguna.

PES Mobile memiliki limit stamina untuk bermain, jadi bagi para mania cukup harus membatasi intensitas bermain jika tidak mau meroggoh kocek yang lebih.

Di banding Dream League, PES Mobile sangat sulit dalam mendapatkan pemain incaran. Pemain dipilih secara random dan suatu tim berkemungkinan memiliki pemain yang sama.
christianmaryo christianmaryo Author

Popular Posts

recent posts