My Diary.
to Share my Life Events

Pulau Sawi : Inilah Wisata Terbaik di Kabupaten Ketapang.


Dari banyak tempat wisata yang saya temukan di Kabupaten Ketapang, wisata Pulau Sawi merupakan tujuan wisata terbaik menurut saya. Mengapa demikian? Keindahan laut dan pesisir pantai yang mengelilingi pulau tersebutlah menjadi alasan utamanya. Menjadi pemandagan yang sangat menarik karena bukan cuma indah, Pulau Sawi merupakah tempat wisata yang paling bersih yang pernah saya temukan di Kabupaten Ketapang. Tak seperti tempat wisata lainnya yang mudah dikunjungi banyak orang, mengunjungi Pulau Sawi dibutuhkan ‘niat’ ekstra. Dan saya pikir itulah mengapa kebersihan di tempat wisata yang satu ini masih sangat terjaga.



Menjadi hal menarik sekaligus menyenangkan setelah saya memposting foto berada di Pulau Sawi di akun Instagram pribadi. Banyak teman – teman dan orang lain yang bertanya seputar tempat wisata Pulau Sawi melalui DM (Direct Message). Dari yang menanyakan bagaimana keadaan tempat tersebut dan bagaimana cara untuk mengunjungi Pulau Sawi.


Pulau Sawi berada di Desa Sei Tengar, Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang. Berjarak sekitar 80 KM kearah selatan dari Pusat Kota Ketapang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 Jam untuk sampai di Desa Sungai Tengar dari Kota Ketapang. Jika anda datang dari luar kota, anda tidak perlu binggung dengan arah menuju lokasinya, anda cukup jalan lurus saja dari Jembatan Pawan 1 menuju Desa Sungai Tengar. Di perjalanan anda akan menemukan pemadangan beberapa pantai dan sawah dan melewati beberapa jempatan penyeberangan. Jadi jika anda capek anda bisa mampir di salah satu pantai yang ada. Di sini anda juga akan melewati Padang 12 yang terkenal akan mitos Kota Gaib nya di Kabupaten Ketapang (baca juga : Misteri Kota Gaib di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. ).

Sesampai di Desa Sungai Tengar anda harus menemui nelayan untuk membantu anda melakukan penyeberangan ke Pulau Sawi. Untuk lebih baiknya anda bisa janjian dengan nelayan sebelum berangkat ke Pulau Sawi dari hari sebelumnya. Dari sini perjalanan masih memakan 45 menit untuk menyeberang ke Pulau Sawi.  Tapi tenang perjalanan menyeberang ini jauh dari kata membosankan, banyak pemandangan menarik kok, asalkan cuacanya juga bagus biar gak deg deg-an naik perahu nelayannya.


Di Pulau Sawi anda akan menemukan pondok bersantai di dermaganya. Jika anda meyewa perahu nelayan seharian, mintalah kepada nelayan tersebut untuk mengantarkan ke lokasi snorkeling yang ada di Pulau Sawi 2. Yaa, namanya Pulau Sawi 2 tepat di sebelah Pulau Sawi 1 / Pulau Sawi Utama. Di lokasi tersebut anda akan menemukan ikan clownfish atau yang lebih hits dengan sebutan ikan nemo. Jika anda hobi memancing jangan lupa untuk membawa peralatan pancing anda.



Sayang sekali saya tidak bisa menginap di Pulau Sawi, saya hanya menghabiskan waktu seharian di Pulau eksotis ini. Saya sangat berharap agar wisata ini selalu bersih seperti saat ini. Dan semoga pemerintah mempromosikan Pulau Sawi dan menyediakan informasi seputar tour guide Pulau Sawi agar para pengunjung tidak binggung dan dapat melakukan pemesanan tour guide jauh – jauh hari melalui telepon / SMS maupun sosial media.
  •  
christianmaryo christianmaryo Author

2 komentar:

  1. titanium (iv) oxide from the tin-iron oxide from the tin-iron oxide
    Titanium (iv) oxide from the tin-iron oxide from the tin-iron oxide from the tin-iron oxide properties of titanium from titanium tube the benjamin moore titanium tin-iron oxide from the tin-iron oxide from the tin-iron oxide from the tin-iron titanium ingot oxide from the tin-iron oxide suunto 9 baro titanium from the tin-iron-

    BalasHapus

Popular Posts

recent posts