My Diary.
to Share my Life Events

5 Cara Ampuh Mempersiapkan Ujian Nasional




Ujian Nasional merupakan tahap terakhir dari seorang siswa untuk menuntaskan pembelajaraannya pada suatu tingkat institusi pendidikan. Ujian Nasional bisa dikatakan cara yang efektif untuk menentukan seseorang siswa layak untuk menyelesaikan suatu tingkatan pendidikan tertentu. Namun pada kenyataannya Ujian Nasional selama ini hanya menjadi momok yang menakutkan bagi banyak pihak baik dari pihak siswa itu sendiri maupun guru pengajarnya. Ketakutan ini disebabkan karena standar bobot Ujian Nasional semakin tinggi, hal ini berbanding terbalik dengan kurang meratanya kulitas pendidikan di Indonesia. Sehingga menjebabkan sekolah – sekolah di pedalaman Indonesia masih diselimuti rasa akan ketakutan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional. Selain itu persiapan pribadi dari siswa maupun sekolah yang masih sangat kurang dalam mempersiapkan Ujian Nasional juga menjadikan Ujian Nasional sebagai hal yang menakutkan.
Walaupun demikian sesungguhnya Ujian Nasional bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan. Tidak cukup dengan belajar yang tekun untuk menghadapi Ujian Nasional perlu beberapa persiapan yang baik dalam menghadapi Ujian Nasional. Berikut 5 langkah ampuh yang bisa teman – teman lakukan dalam menghadapi Ujian Nasional :

1)      Berpeganglah pada kisi – kisi Ujian Nasional
Ujian Nasional merupakan sesuatu hal yang mudah dan tidak perlu ditakutkan, mengapa begitu? Sebab sebelum pelaksanaan Ujian Nasional setiap siswa pasti akan mendapatkan kisi – kisi mengenai Ujian Nasional yang merupa point – point materi. Percayalah point – point materi pada kisi – kisi Ujian Nasional itulah yang akan menjadi bentuk soal pada Ujian Nasional nanti.

2)      Pasang target
Setelah mempelajari kisi – kisi Ujian Nasional pasanglah target dari kisi – kisi tersebut. Dari semua kisi – kisi yang ada materi mana yang anda kuasai dan tidak anda kuasai. Pasanglah target semaksimal mungkin dengan cara menguasai sebanyak – banyaknya materi pada kisi – kisi Ujian Nasional.

3)      Maksimalkan Try Out
Sebelum pelaksanaan Ujian Nasional setiap sekolah memfasilitasi siswanya untuk melakukan Try Out. Try Out ini digadang – gadangkan sebagai simulasi Ujian Nasional sehingga siswa sudah  terbiasa dalam menghadapi situasi yang pada Ujian Nasional. Untuk itu maksimalkan lah Try Out dengan menganggapnya Ujian Nasional yang sesungguhnya. Walaupun Try Out tidak mempengaruhi hasil Ujian Nasional kerjakanlah dan persiapkanlah Try Out tersebut dengan mandiri. Dengan begitu anda dapat mengetahui sejauh mana kesiapan anda terhadap Ujian Nasional.

4)      Percaya akan kemampuan anda sendiri
Ujian Nasional identik dengan beredarnya bocoran kunci jawaban. Walaupun kunci jawaban itu salah atau benar, sebagai orang yang cerdas  janganlah anda mengharapkan sesuatu yang tidak pasti. Yakinlah dengan kemampun diri anda sendiri untuk mengerjakan soal dihadapan anda. Dengan percaya dengan kemampuan anda sendiri, maka dalam menghadapi soal di dalam ruang ujian anda tidak akan ditakuti oleh rasa cemas.

5)      Tenangkan diri dan berdoa
Tidak sedikit siswa yang dengan kesiapan yang sudah sangat matang gagal dalam menghadapi Ujian Nasional. Hal itu terjadi karena adanya rasa cemas dan ketakutan yang luar biasa yang dihadapi siswa di dalam ruang ujian. Untuk menghindari itu berfikirlah positif, yakinkan diri anda bahwa anda bisa. Hilangkan rasa tergesa – gesa dalam mengerjakan soal ujian. Jika anda menganggap Try Out sebagai Ujian Nasioal yang sebenarnya anggaplah Ujian Nasional nanti sebagai ujian akhir semester yang anda yakini anda dapat menuntaskannya. Selain itu berdoalah sebelum Ujian Nasional, sehingga yakinlah pada doa yang anda mohon kepada Tuhan agar dapat membantu anda dalam menghadapi hal yang sulit.
christianmaryo christianmaryo Author

1 komentar:

Popular Posts

recent posts