My Diary.
to Share my Life Events

Pilih WhatsApp, Line, WeChat, atau KakaoTalk?


Akhir - akhir ini iklan-iklan di televisi, internet, maupun di media cetak sedang gancar-gencarnya mengiklankan instant messaging lintas platform mobile. Hingga saat ini sudah terhitung 4 instant messaging yang cukup populer di telinga kita. Sebut saja WhatsApps, Line, Wechat, dan KakaoTalk. Setiap intsant messaging menawarkan fitur-fitur yang memukau untuk mendukung kita berkomunikasi di era digital ini. 

Apa saja keunggulan dari beberapa instant messaging ini? Marilah kita simak..

1. Whatsapps
Hadir lebih awal dari instant messaging lainnya, instant messaging ciptaan Amerika ini sempat mencuri perhatian pengguna Handphone berbasis sistem operasi karena menawarkan instant messaging lintas platform mobile. Saat itu Whatsapp sempat menjadi pesaing berat bagi BBM yang mengklaim merekalah instant messaging yang paling populer saat itu. 
Kelebihan : Sama seperti BBM, Whatsapp menawarkan fitur untuk mengirim pesan dalam bentuk multimedia (video, musik, foto) dan lokasi peta. Juga bisa menampilkan status serta secara otomatis dapat memindai kontak telepon anda untuk menambahkan teman yang juga menggunakan layanan ini. Whatsapp sudah bisa digunakan di berbagai macam platform mobile termasuk symbian. 
Kekurangan : Kontak group chat hanya dibatasi oleh 30 kontak saja. Kontak masih sebatas nomer handphone saja. Selain itu Whatsapps hanya gratis pada tahun pertama, dan selanjutnya pengguna harus membayar senilai $ 1,99 untuk setiap tahunnya.

2. Line
Line merupakan instant messaging besutan NHN Japan. Line dipopulerkan oleh Nidji, Siwon Suju, dan Agnes Monica melalui iklannya juga mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Sama seperti instant messaging sebelumnya, Line juga menawarkan perpesanan multimedia lintas plaftfom. Dengan emoticon yang unik, Line menjadi warna baru dalam berkomunikasi. Namun Line juga menawarkan penggunanya agar bisa menelpon sesama anggota Line dengan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). 
Kelebihan : Bisa bermain game lintas platform, pengguna Line bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum, jumlah group chat bisa hingga 100 kontak. Terdapat emoticon lucu-lucu. Line juga mewarkan fitur agar penggunanya bisa switch ke PC. 
Kekurangan : Koneksi data yang belum stabil dan sebaik whatsapp. Fitur call hanya dapat dinikmati oleh pengguna jaringan 3G. Instant messaging ini juga belum bisa digunakan pada Symbian. 

3. WeChat 
Instant messaging yang berasal dari China, WeChat meawarkan tampilan berbeda dalam berkomunikasi. Menggunakan Gisel dan mega bintang sepak bola Lionel Messi sebagai bintang iklannya, WeChat menjadi tidak asing lagi di teliga masyarakat Indonesia. Dengan fitur Look Around dan Shake yang memungkinkan kita bisa mencari lebih banyak.
Kelebihan : Lebih mudah dalam mencari pertemanan, menggunakan Scan QR code untuk switch ke PC. 
Kekurangan : Emoticon tidak terlalu menarik. 

4. KakaoTalk
Menggunakan artis papan atas Korea dan Indonesia seperti Big Bang, Sherina, Noah, dan Ungu dalam iklannya KakaoTalk menjadi tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Datang dari negeri K-Pop, Korea Selatan, KakaoTalk langsung mewarkan game dan telpon gratis.
Kelebihan : Memungkinkan penggunanya untuk mengobrol bersama dalam fitur Free Call.
Kekurangan : Belum semua platform yang bisa menggunakan layanan ini. Perlu fitur 3G, dan kualitas internet yang memadai untuk menggunakan layanan ini.

Yang mana yang lebih unggul? Itu tergantung pada anda sendiri. Yang jelas setiap instant messaging mempunyai keunikannya dan kelebihannya sendiri. 

christianmaryo christianmaryo Author

Popular Posts

recent posts