My Diary.
to Share my Life Events

Indahnya Menghabiskan Sore di Pantai Sungai Kinjil Ketapang


Sunset ditempat lain tak lebih indah jika dibandingkan sunset di Pantai Sungai Kinjil. Sunset di pantai ini menjadi lebih indah dikarenakan pantai ini berada tepat disisi sebelah barat pulau Kalimantan, dimana sejauh mata memandang kita akan melihat matahari terbenam langsung kedalam lautan. Di tambah lagi siluet dari pepohonan kelapa yang tumbuh menjulang tinggi menambah manisnya sunset di tempat ini. Pantai Sungai Kinjil merupakan salah satu pantai yang di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Pantai yang satu ini hanya berjarak 3,6 km atau hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari Kota Ketapang sehingga membuat Pantai Sungai Kinjil selalu ramai pengunjung.





Ketika saya sedang berada di Kabupten Ketapang saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati sunset di Pantai Sungai Kinjil. Tak cuman sunset, banyak sekali cara untuk menghabiskan sisa – sisa hari kita di Pantai Sungai Kinjil. Salah satunya yaitu berburu kuliner di pantai yang juga dikenal oleh masyarakat dengan nama Pantai Pecal. Sesuai dengan julukannya, di pantai ini kita akan dengan mudah menemukan makanan pecal. Tak cuma pecal dipantai ini juga terdapat banyak kuliner lain seperti soto, batagor, bakso pentol, mie install, es kopior, es kelapa muda, dan aneka jajanan warung. Harganya juga cukup murah, rata – rata pengunjung hanya mengabiskan Rp. 8.000 (harga per Juni 2018) untuk setiap porsi pecalnya.



 Karena jaraknya tak terlalu jauh dari Kota Ketapang, cara lain yang saya lakukan untuk menikmati sore di pantai ini adalah dengan bersepeda. Start dari Kota Ketapang kemudian melewati jembatan Sungai Pawan I, melewati perkampungan warga, dilanjutkan menelurusi hamparan sawah yang luas, dan berakhir di pesisir pantai merupakan suatu hangout yang sempurna. Lebih mengasikan bila bersepeda menuju pantai ini kita dapat meng-explore pematang sawah yang berada tak jauh dari pantai. Jalanan yang kecil di perkampungan warga pun dengan sangat mudah kita lalui jika bersepeda.



Selain berburu kuliner dan bersepeda, biasanya pengunjung di Pantai Sungai Kinjil juga mengahabiskan waktunya dengan cara bermain bola dipingir pantai, sekedar nongkrong, BBQ-an, atau bahkan turun ke pantai langsung untuk mencari kerang (ale – ale / kepah). Di Pantai Sungai Kinjil kita menemukan beberapa pondok yang sengaja dibangun untuk pengunjung di sepanjang pantai. Fasilitas yang ada di Pantai Sungai Kinjil dibangun atas swadaya masyarakat sekitar dan dukungan dari pemerintah daerah sehingga beberapa fasilitasnya masih tergolong baru. Saya berharap semoga pantai ini akan selalu dirawat, asri, dan bersih. Dan semoga sunset di Pantai ini akan selalu indah. Selamat berkunjung. :) 
christianmaryo christianmaryo Author

Popular Posts

recent posts