My Diary.
to Share my Life Events

Fieldtrip Siswa - Siswi Remaja Pencinta Alam Santo Yohanes (Repatones) di Lubuk Baji

 


    Pada tanggal 16-18 Desember 2010, Yayasan Palung mengadakan fieldtrip di kawasan Taman Nasional Lubuk Baji yang diikuti oleh Siswa-siswi dari Repatones (Remaja Pencinta Alam St. Yohanes). Kegitan ini diikuti oleh 30 Peserta Siswa-siswi dan didampingi guru pendamping sekolah, Ir. Agustinus Bunadi dan dari Yayasan Palung (Agus Lujito, Mulyono Yusup, Mayi Achmad dan Ranti Naruri).
Dalam kegiatan ini para siswa-siwi diajak untuk melihat dan mengamati secara langsung flora dan Fauna yang ada di Taman Nasional Lubuk Baji. Selain itu juga siswa-siwi diajak untuk mengidentifikasi apa saja yang ditemukan, selanjutnya mereka secara bersama-sama untuk melihat dan mempelajari indikator air. Pengamatan flora dan fauna merupakan salah satu tujuan dari proses belajar atau mempelajari lingkungan sekitar secara langsung. Metode pengamatan dalam kegiatan fieldtrip ini salah satunya memberikan materi sebagai peneliti pemula.
    Kegiatan fieldtrip yang berlangsung selama 3 hari tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. Menurut Wendi ketua Repatones, kegiatan filedtrip adalah sebagai proses pembelajaran bagi semua siswa-siswi untuk mengetahui secara langsung apa saja flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Lubuk Baji.
   Fieldtrip merupakan salah satu program kerjasama yang dimiliki oleh Yayasan Palung untuk memberikan pendidikan lingkungan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Ketapang. Kegiatan fieldtrip ini berjalan setiap bulan dengan menyesuaikan jadwal sekolah, dengan kegiatan seperti ini merupakan salah satu kegiatan untuk terus memacu generasi muda khususnya siswa-siwi untuk peduli terhadap lingkungan dan mengetahui secara langsung apa saja flora dan fauna yang terdapat di taman nasional. (Pit- YP).

sumber: http://yayasanpalung.blogspot.com/2011/01/fieldtrip-siswa-siswi-repatones-di.html

christianmaryo christianmaryo Author

Popular Posts

recent posts